Pemantauan Pasien Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Klinik Berbasis Web


Internet of Things (IoT) adalah perubahan paradigma berikutnya, di mana sensor terhubung ke Internet, yang mengumpulkan data untuk dianalisis untuk membuat planet kita lebih terinstrumentasi, saling terhubung, dan cerdas. Orang biasa membawa rata-rata satu atau dua perangkat seluler saat ini. Oleh karena itu, dengan meningkatkan kehadiran perangkat seluler, biaya peralatan dapat dikurangi secara signifikan di banyak industri.

A. Motivasi
Aplikasi klinik berbasis web yang disajikan dalam makalah ini berfokus pada domain perawatan kesehatan IoT. Dengan kemajuan dalam teknologi informasi dan komunikasi yang tertanam, kami dapat memberikan dukungan perawatan kesehatan yang intensif bagi warga lanjut usia di rumah dan rumah pensiun. Jenis teknologi ini akan sangat membantu untuk menyediakan fasilitas pemantauan EKG kepada warga lanjut usia, atlet dan masyarakat umum. Dengan menyediakan fasilitas untuk menggunakan teknologi ini di rumah, warga akan dapat hidup mandiri untuk jangka waktu yang lebih lama, membantu mengurangi biaya peralatan medis. Kesehatan saat ini menghadapi tantangan sejumlah besar data yang tidak terstruktur, beragam, dan tumbuh pada tingkat eksponensial. Data terus-menerus dialirkan melalui sensor, monitor, dan instrumen dalam waktu nyata yang lebih cepat daripada yang bisa dilakukan oleh tenaga medis.

B. Pernyataan masalah
Dalam domain kesehatan IoT, pasien tidak perlu lagi melakukan perjalanan ke dokter, karena mereka dapat mengunggah data yang dikumpulkan dari sensor ke cloud. Ini dapat dicapai untuk aplikasi pemantauan EKG pada perangkat seluler, yang akan mengumpulkan data bio-sinyal menggunakan sensor dan kemudian mengunggah ke cloud untuk menyimpan catatan data yang tidak terstruktur. Ini akan mengurangi waktu tunggu untuk triase di rumah sakit dan meminimalkan kunjungan dan mengurangi biaya personel dan operasi administrasi. Kenyamanan ini meningkatkan kualitas hidup pasien karena mereka dapat menikmati kegiatan lain alih-alih menghabiskan waktu pulang-pergi ke rumah sakit / klinik dan menunggu dalam antrean triase panjang.

C. Solusi yang diajukan
Selain pengetahuan medis, berbagai Teknologi SSE terlibat dalam aplikasi perawatan kesehatan berbasis IoT, termasuk mikrokontroler dan teknologi sensor, pemrosesan sinyal, protokol komunikasi, desain sistem dan perangkat lunak (menggunakan pola desain yang terdokumentasi dengan baik), DBMS, layanan web, analisis data, dan teknik cloud. Infrastruktur seperti itu tidak hanya memenuhi persyaratan fungsional dasar, tetapi juga mengatasi beberapa persyaratan kualitas non-fungsional utama, seperti Kinerja, privasi / keamanan, portabilitas, skalabilitas, fleksibilitas, dan biaya. Menggunakan gagasan IoT dan teknik cloud, makalah ini menyajikan solusi untuk menggunakan papan ADC dan mikrokontroler, yang memperoleh data bio-sinyal dari seseorang yang menggunakan sensor dan mengirimkannya ke perangkat seluler secara nirkabel menggunakan teknologi Bluetooth. Saat memantau EKG pasien, data yang dipantau terkait dengan gelombang EKG yang ditampilkan pada aplikasi seluler disimpan dalam bentuk file biner pada kartu digital aman (SD) perangkat dan pengguna memiliki kemampuan untuk mengunggahnya ke bahasa permintaan terstruktur (SQL ) Server database pribadi. Dengan komponen perangkat keras yang tepat seperti ADC dan mikrokontroler serta sensor, solusinya dapat memantau EKG seseorang di lingkungan apa pun dengan biaya rendah, tanpa harus membeli perangkat pemantauan EKG yang mahal.

A. Layanan Kesehatan Berbasis Mobile:
Perangkat seluler berkembang dengan pesat dalam penyebaran layanan kesehatan. Sistem kami terutama didasarkan pada pemantauan kesehatan jangka panjang real-time, yang melayani permintaan penyedia informasi hidup dan kesehatan kebugaran. Dengan demikian, penyebaran perangkat seluler ke dalam sistem layanan kesehatan seluler berfokus pada beberapa fitur penting untuk sistem layanan kesehatan medis.

B. Komunikasi antara Perangkat Seluler dan Server Web Lixmedic
Transmisi data Bluetooth diterapkan ke dalam sistem karena fasilitas Bluetooth tersedia di banyak perangkat pintar, termasuk perangkat tablet portabel, laptop, komputer pribadi, dan bahkan TV pintar. Secara konseptual; Bluetooth adalah protokol nirkabel terbuka yang beroperasi di pita 2,4-GHz yang dirancang untuk kecepatan data menengah yang rata-rata sekitar 2 Mbps.


C. Layanan Server Cloud Cloudcarecare:
Dengan menggunakan sistem komputasi cloud layanan kesehatan server Web, akses langsung ke sistem pelacakan layanan kesehatan dimungkinkan di mana saja. Data EKG ditampilkan dalam waktu nyata di perangkat seluler. Untuk memastikan sistem pelacakan kesehatan yang mulus dan berkelanjutan, sistem komputasi awan server Web diimplementasikan ke dalam layanan kesehatan

A. Arsitektur Sistem
Arsitektur sistem end-to-end untuk proyek berbasis IoT ini melibatkan perangkat keras, aplikasi mobile dan cloud. Aplikasi ini memiliki tiga sub lapisan bernama sebagai berikut:

Lapisan layanan, lapisan Aplikasi Platform dan Lapisan Transfer File dan Penulisan menunjukkan bagaimana beberapa lapisan dalam arsitektur sistem saling berinteraksi. Lapisan perangkat keras berisi ADC, mikrokontroler, dan sensor, yang mengumpulkan data sinyal bio dan data ini dikirim oleh saluran Bluetooth pada mikrokontroler ke lapisan Aplikasi pada perangkat iOS. Lapisan Aplikasi berisi tiga sub lapisan di dalam lapisan itu sendiri. Lapisan Layanan adalah lapisan ke op di lapisan aplikasi, yang berinteraksi dengan lapisan perangkat keras. Layanan ECG hadir dalam lapisan Layanan, yang bertanggung jawab untuk pengambilan data sinyal bio dari lapisan perangkat keras dan Menyimpan data dalam buffer dalam Model ECG, yang melakukan penulisan data.

Subscribe to receive free email updates: