Legislasi dan panduan terkait catatan medis dijelaskan oleh House of Commons Library


Pengarahan dari Perpustakaan House of Commons ini mengulas bagaimana contoh rekam medis pasien dibagikan dan diakses. Itu melihat pengaturan perlindungan dasar hukum rekam medis yang ada untuk informasi pasien rahasia, dan apa tujuan Pemerintah di masa depan sehubungan dengan catatan medis.

Tiga bagian dari undang-undang yang mengatur akses ke catatan kesehatan pasien adalah Undang-Undang Perlindungan Data 1998, Undang-Undang Akses Catatan Kesehatan 1990 dan Undang-Undang Laporan Medis 1998. Yang pertama mengatur hak-hak individu yang hidup dan orang yang berwenang, yang kedua mengatur akses ke almarhum catatan pasien, dan yang ketiga menguraikan hak-hak individu untuk mengakses laporan yang berkaitan dengan diri mereka sendiri yang diberikan oleh praktisi medis untuk pekerjaan atau tujuan asuransi. Pelepasan catatan apa pun harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan. Catatan rumah sakit disimpan untuk minimum delapan tahun, sementara catatan dokter disimpan untuk minimum 10 tahun. Ada biaya untuk mengakses atau melihat catatan dengan Pemerintah yang menyatakan bahwa pasien harus diberikan akses ke catatan kesehatan mereka dalam waktu 21 hari setelah permintaan.

Akses mungkin terbatas di mana informasi dapat membahayakan kesehatan fisik atau mental atau kondisi pasien, atau di mana informasi akan diungkapkan terkait dengan orang ketiga yang tidak menyetujui. Seorang individu dengan tanggung jawab orang tua untuk seorang anak memiliki hak untuk melihat catatan kesehatan anak, meskipun para profesional kesehatan harus mempertimbangkan tugas kerahasiaan mereka. Access to Health Records Act 1990 memungkinkan perwakilan pribadi pasien dan setiap orang yang mungkin memiliki klaim yang timbul dari akses kematian pasien ke catatan mereka.

Undang-Undang Kesehatan dan Perawatan Sosial 2012 memungkinkan Pusat Informasi Perawatan Kesehatan dan Sosial (HSCIC) untuk mengumpulkan dan berbagi informasi rahasia dari catatan kesehatan melalui layanan "care.data" untuk meningkatkan pengiriman layanan kesehatan dan untuk memberi manfaat bagi peneliti di dalam dan di luar NHS. Enam CCG dipilih sebagai pencari jalan dengan praktik yang berencana untuk berkomunikasi dengan pasien di musim gugur 2015. Skema ini sekarang tidak akan diluncurkan sampai National Patient Data Guardian puas bahwa proposal dan perlindungan yang memadai telah diberlakukan.

Pemerintah telah berupaya meningkatkan akses pasien ke catatan mereka secara online. Pada bulan Desember mereka mengamanatkan NHS England untuk memastikan semua pasien memiliki akses ke catatan medis mereka pada Maret 2015; pada Desember 2014, 21 persen pasien di Inggris dapat mengakses catatan medis mereka secara online. Pada 2 September 2015, Sekretaris Kesehatan menjabarkan visinya untuk memberi pasien kemampuan untuk mengakses dan berinteraksi dengan dokter mereka secara online dalam waktu 12 bulan, dengan akses penuh ke catatan elektronik dokter mereka sendiri pada tahun 2016 termasuk hasil darah, catatan janji temu dan riwayat medis. Pada 2018, ini akan mencakup semua informasi dari interaksi kesehatan dan perawatan pasien.

Ringkasan Catatan Perawatan telah diperkenalkan untuk memungkinkan berbagi informasi penting tentang seorang pasien, seperti obat-obatan, alergi dan reaksi buruk. Akses dibatasi untuk staf medis yang hanya dapat melihat informasi yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka. Pada Juli 2014, 40 juta pasien memiliki catatan perawatan rangkuman elektronik, dengan semua dokter dan perawat memiliki akses pada 2018, dan dengan sistem perawatan sosial yang diikuti pada 2020. Mungkin juga ada potensi apotek komunitas memiliki akses.

Konstitusi NHS menguraikan hak pasien untuk privasi, kerahasiaan, keamanan catatan medis mereka, dan untuk diberitahu tentang bagaimana informasi mereka digunakan. Undang-Undang Kesehatan dan Perawatan Sosial (Keselamatan dan Kualitas) 2015 memperkenalkan tugas bagi komisioner dan penyedia layanan kesehatan dan sosial untuk berbagi informasi pasien di mana mereka menganggap bahwa pengungkapan tersebut cenderung memfasilitasi perawatan yang diberikan kepada individu dan demi kepentingan terbaik mereka. Informasi pasien harus dilindungi dengan aman, meskipun individu juga berharap bahwa informasi kesehatan yang relevan dibagikan di antara tim perawatan mereka. Ada juga banyak manfaat dari berbagi informasi pasien secara lebih luas meskipun ini harus dianonimkan dan tidak bisa dilacak.

Tinjauan Caldicott, yang diterbitkan pada bulan April 2013 membuat 26 rekomendasi (kemudian diterima pada prinsipnya oleh Pemerintah) berdasarkan sekitar tujuh prinsip untuk memandu tata kelola informasi (prinsip-prinsip Caldicott):
  • Benarkan tujuan dari setiap penggunaan yang diusulkan atau transfer data rahasia pribadi
  • Jangan gunakan data rahasia pribadi kecuali itu mutlak diperlukan
  • Gunakan data rahasia pribadi minimum yang diperlukan
  • Akses ke data rahasia pribadi harus berdasarkan kebutuhan yang perlu diketahui
  • Setiap orang yang memiliki akses ke data rahasia pribadi harus mengetahui tanggung jawab mereka
  • Mematuhi hukum sehubungan dengan penggunaan data rahasia pribadi apa pun
  • Tugas untuk berbagi informasi bisa sama pentingnya dengan tugas untuk melindungi kerahasiaan pasien.

Pada bulan September 2015, Sekretaris Kesehatan mengumumkan bahwa tinjauan baru standar keamanan data untuk data rahasia pasien di NHS akan dilakukan oleh CQC, dengan Dame Fiona Caldicott bertugas mengembangkan pedoman yang jelas. HSCIC menghasilkan kode praktik untuk menangani informasi rahasia yang diterbitkan pada September 2013 dengan rekomendasi berdasarkan prinsip-prinsip Caldicott.

Ada sejumlah kecil area di mana seorang profesional kesehatan diwajibkan oleh hukum untuk mengungkapkan informasi, misalnya, penyakit spesifik yang dapat diberitahukan termasuk keracunan makanan. Undang-undang lebih lanjut mengharuskan profesional kesehatan untuk membatasi pengungkapan informasi tertentu, misalnya, riwayat gender seseorang. Ada keadaan luar biasa ketika pengungkapan informasi kesehatan mungkin sejalan dengan 'kepentingan publik' seperti untuk mencegah ancaman serius atau segera terhadap kesehatan masyarakat.

Kerahasiaan pasien yang meninggal harus tetap dihormati, meskipun diimbangi dengan kepentingan lain, seperti keinginan orang yang dekat dengan orang yang sudah meninggal. Akses ke aturan informasi yang berkaitan dengan kerahasiaan sama seperti yang dijelaskan di atas untuk mengakses catatan medis. Semua pasien berusia 16 dan lebih dianggap memiliki kapasitas untuk menyetujui di Inggris, Wales dan Irlandia Utara, sementara anak-anak di Skotlandia di atas 12 dianggap memiliki kapasitas ini. Pasien yang mungkin memiliki kondisi kesehatan mental tidak secara otomatis kekurangan kapasitas ini.

Subscribe to receive free email updates: